Afrika dan Tahun Pertama :)

Adhie Lesmana

Yups, tidak terasa udah setahun di Liberia, Afrika Barat. foto diatas adalah hari pertama aku bekerja di sini dan kebetulan ada teman yang mendokumentasikan. Banyak sekali yang sudah di lewati setahun ini, ada yang mudah ada yang berat ada yang menjengkelkan namun ada juga yang sangat menyenangkan. menulis cerita ini rasanya kayak lagi ngerjain tugas mengarang indah di pelajaran bahasa Indonesia waktu SD 😀

– Kilas balik
Berat? ya tentu. pada awalnya saya merasa sangat berat, depresi bahkan home sick, ya siapa yang ga berat kalo ngga terlatih merantau, biasa dengan hingar bingar kota dengan segala dosa dan hiburannya *ups, eh sekarang harus bisa beradaptasi dengan kondisi Liberia dengan segala plus minus nya.
Bisa Dilalui?  bisa, masa sulit itu aku alami di satu dua bulan pertama, namun sekarang sudah jauh lebih menyenangkan.
Paling Berat? paling berat pertama adalah jauh dari rumah, atau kangen rumah itu penyakit nomor 1 alias homesick :D, ganggu banget tuh pikiran homesick. tp klo kesulitan lainnya menurutku adalah kesulitan yang umum bagi orang yang baru pertama kali boarding di tempat kerja yang baru, adaptasi dengan lingkungan kerja yg baru orang orangnya, bosnya, speed kerjanya dan dengan segala macam keadaanya.

– Kesan tahun pertama
Pekerjaan? Great, pekerjaan ini memang passionku, tidak ada yang sulit bagiku kecuali memang sesuatu yang sifatnya non teknis. seperti menghadapi workmate yang super duper ngebeteein ngejengkelin khas orang afrika, menghadapi bos yang lagi bad mood, dan ya hal hal lain yang lebih kurang seputar emosional ( bukan emosi marah tp kondisi emosional = pikiran dan perasaan ).
Kesehatan? Emm, well Puji Tuhan kalo di bilang setahun ini 95% sehat terus, ga pernah bolos ambruk total ga kerja gitu ngga pernah. tapi klo kurang Fit, itu sering. ya karena kondisi disini panas nya ekstrim hujannya ekstrim, asupan makanan juga ekstrim :D.
yang paling sering itu kurang fit karena Kolesterol pas tinggi, leher jadi kaku, buat kerja jadi ngga oke. ya iya lah disini makanan nya “meat” melulu. tp kadang juga kolesterol karena stress mikirin ini itu hehe..
nomer dua itu gejala typhus, itu pun cuma di awal waktu adaptasi pertama ama baru barusan ini, ya lagi lagi typhus ini karena telat makan, banyak pikiran, dan akhirnya drop. kalo dulu banyak pikiran krn baru adaptasi, tp klo sekarang banyak pikiran karena ga sabar nunggu waktu cuti pulang, jadi malah KO haha..
yang terakhir itu alergi udara, kulit merah merah, bentol. untung dari semua itu aku sudah hafal dan sedia obat kolesterol, obat cacing typhus dan obat cetirizin anti alergi. dan taraaa bisa diatasi sendiri tanpa harus ke mana mana.
Intinya, semua yg ganggu kesehatan itu bawaan dari gue nya, di Indonesia pun aku jg gitu kalo lagi ganti musim, alergi. lagi terlalu sibuk lupa makan jadi typhus, banyak makan jadi kolesterol, dah gitu deh pokoknya hehe..
Jadi disini itu 100% Aman, Tuhan jamah ngga ada malaria, ebola, yelow fever sampe demam berdarah dan segala penyakit lokal yang bisa menyentuhku.
Makanan? hahaha, makanan jangan di tanya, sebenernya saya itu hobi kalo soal makan, tapi kadang jg lihat lihat selera. soal makanan sebenarnya saya sering jajan kuliner lokal pas lagi kerja di luar kantor tiap makan siang. ya makan masakan cassava leaf, potato green, tumbogi, palm butter dan masih banyak lagi makanan lokal yang udah aku santap :D. tapi kalo pas di rumah atau pas ngga kemana mana biasanya ya masak sendiri. tiap weekend pasti belanja keperluan untuk masak. ya bawang lah, tomat lah, kecap lah, sayur lah, daging lah dll. ya dikit dikit ada ilmu memasak turunan dari alm.mama hehe. jadi ngga cuma chef konfig router tp chef konfig sayur di wajan juga 😀
Lingkungan? wah ini, kalo soal lingkungan jelas lebih baik di Indonesia :D. soal lingkungan ini kompleks banget, disini air banyak, tp air yang layak itu bisa saya bilang “NGGA ADA” betapa nestapa diri ini harus mandi dengan air kuning, kadang coklat, kadang merah, kadang hitam dengan bau khas comberan, orang lokal bilang “PooPo water” alias air tai :D. tapi lha pie? ya sudah perduli setan mandi ya mandi, Dalam nama Yesus pokok e slamet hehe. tp klo soal masak dan minum, aku selalu beli air mineral, walau dari perusahaan penyulingan air lokal, tp lebih baik drpd air tai td dimasak haha.. kalo soal listrik, sudah pernah aku tulis di postingan yang lalu, jadi ngga aku bahas lg hehe.. yang jelas listrik smua mengandalkan genset.
Keamanan? keamanan hanya bisa kita serahkan pada yang kuasa :D, ngga ada yang aman disini broo.. udah di kawat di teralis besi.. tetap tidak bisa menjamin keamananmu hehe.. Loh kenapa ? negara ini sudah krisis kemiskinan sangat buruk. mencuri, merampok, menjambret itu sudah hal lazim disini. dua kali jendelaku di bobol, tapi tiap mereka berusaha masuk, Tuhan selalu bekerja untuk melindungi aku. aku pasti terbangun dan segera sadar ada pencuri, lalu mereka kabur sendiri tanpa berhasil membawa apa apa. yang apes temenku, tv nya ke angkut walau akhirnya gagal dan di buang di atap. lain kali aku cerita soal ini 😀
Orang Orang disana bagaimana? hmm disini pada dasarnya mereka itu baik, tp malasnya mintak ampun 😀 belum kerja sudah banyak omong ngeluh ini itu, di kasih small money dlu baru mau bekerja, itupun mulutnya ya tetep ngoncoss mulu ntah ngomong ini itu haha..  bagi yang ngga biasa kerja sama mereka ya bisa gila. bagi mereka uang berapapun tidak ada yang cukup !! hari ini kamu dapat $20 hari ini juga kamu senang senang habis $20, besok pagi buta sudah bilang Im Broke ( aku ra ndue duit ) lagi..  mbok kamu kasih $50 ya sama.. kasih $100 ya sama tetep broke tiap pagi.. dan itu lagi lagi lagi dan lagi setiap hari.. dan itu Semua orang Samaaa.. itulah kenapa seolah olah orang disini itu terkesan tiap hari mengemis.. itu yang membuat kita orang asia serba salah kalo kerja disini, di tempat kita kalo ada orang meminta kita iba kita kasih, tapi kalo disini kamu kasih hari ini besok pagi minta lagi hahaha 😀 dan itu terus jadi tiap hari. dan juga jangan kaget, walau kamu baik sama mereka, udah kamu kasih makan kasih uang, mereka tetep akan membuatmu stress tiap hari, karena salah satu keahlian mereka adalah mengambil milik orang lain. jadi kalo ada barang kecil yang sekiranya lepas dari pengawasanmu ya siap siap aja waktu kamu butuh kamu cari ngga ada 😀 ya obeng, ya tang, ya cutter, ya palu, ya kunci pas. itu padahal buat kerja dia juga, tapi ya dia maling juga.. keren kan.. properti dan tool buat dia kerja, dia maling sendiri, dia jual sendiri.. hebat dan keren :D. awalnya aku tekanan batin liat gitu takut bos marah, kalo ilang dll. tp skarang ya tai kucing.. hahahaaaa ilang ya beli lagi, gitu aja kok repot. bos aja ngga berani mecat yang maling2, karena percuma, mecat maling tetep dapet orang baru maling juga.. ya sama sama maling wis lah rasah dipecat haha.. meh golek sing pie? sing jujur? pindah wae kantore neng Asia ahaha..
Kesan yang baik? banyak juga kesan yang baik, salah satunya jadi banyak relasi expatriat bule dari US, Eropa dan lainnya. juga bisa kenalan sama teman teman GVL, halo teman GVL, mereka orang indonesia juga yang kebetulan kerja di perusahaan indonesia yang membuka perkebunan kelapa sawit di sini. seneng rasanya ketemu sesama diaspora dari indonesia. mbuh mau disebut diaspora, expatriat atau TKI intinya kita sama sama warga negara Indonesia yang lagi merantau. :D.

– Rencana Kedepan
Sesuai kontrak aku harus menyelesaikan tanggung jawabku disini dua tahun lagi ( total kontrak 3 tahun ), tapi aku juga belum pasti setelah aku pulang apakah aku akan kembali kesini lagi? hehe tunggu saja kabar berikutnya. tapi lebih baik aku kembali, karena aku banyak belajar disini. jangan pernah merasa cukup, dan juga jangan pernah menyerah. itu adalah hal yang aku berusaha pegang baik baik. Selama Tuhan bersertaku ” TIDAK ADA YANG MUSTAHIL “.

– Penutup
Tidak terasa aku wis ngantuk, karena ngetik ini jam 9 pagi waktu Indonesia berarti jam 2 malam waktu Liberia. ambil lah hal positif yang kalian dapatkan dari cerita saya, saya tidak memperburuk atau menjelekkan keadaan disini. negara ini sangat indah, sangat menyenangkan bisa berada disini dengan berbagai macam keadaanya. saya bersyukur di beri kesempatan untuk tinggal dan bekerja disini, teman teman saya walau ada kekurangan tapi mereka sangat luar biasa bagiku. semua orang punya kelebihan dan kekuraangan, begitupun aku tidak ada yang sempurna. jalani dengan Iman percaya bahwa Tuhan selalu beserta kita, dan semua akan baik baik saja.

Amin..

11 thoughts on “Afrika dan Tahun Pertama :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s